Sapi Unggul cocok untuk Hewan Qurban

sapi unggul

Sapi Unggul – Sesuai dengan namanya, Sapi Bali berasal dari Pulau Bali, Indonesia. Dilihat dari garis keturunannya, Sapi Bali termasuk dalam golongan domestikasi dari jenis banteng atau Bibos Javanicus atau Bali Banteng. Pada umumnya jenis Sapi Bali pejantan memang berwarna hitam menyerupai warna kulit banteng. Sedangkan untuk Sapi Bali betina berwarna merah bata, dan bagian kaki serta bokongnya berwarna putih. Selain warna kulit, ciri-ciri khas dari Sapi Bali ini adalah ujung hidungnya dan ujung berwarna hitam pekat, lalu bagian gumba atau punuk si Sapi Bali ini bergaris hitam.

Hewan ternak Sapi bali adalah salah satu sapi unggul asli Indonesia, sejarah sapi bali berasal dari banteng yang telah dijinakkan berabad-abad lalu. Abad ke-19 sapi bali mulai menyebar ke Lombok, kemudian abad ke-20 masuk ke Sulewasi Selatan dan sejak tahun 1962 masuk ke wilayah-wilayah lain di Indonesia. Tidak hanya menyebar di Indonesia, sapi ini diketahui juga menyebar sampai ke Australia, Malaysia, dan Filipina.

Sapi bali yang berasal dari banteng mengalami beberapa perubahan. Perubahan tersebut terjadi karena cara hidupnya dan bukan karena pengaruh kawin silang dengan sapi jenis lain. Salah satu perubahan tersebut adalah ukurannya yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan banteng, terutama pada bobot dan tinggi badan.

Masyarakat pulau dewata beternak sapi bali, tidak hanya sebagai daging semata, tetapi diimanfaatkan untuk membajak di sawah atau lahan pertanian, sebagai sumber pupuk oganik (kotoran atau air seni sapi). Sapi ini biasa juga terkenal dimanfaatkan sebagai atraksi agrowisata. Salain juga dimanfaatkan dalam upacara keagamaan Hindu. Dalam upacara keagamaannya butha yad dikenal sebagai caru, yang melambangkan makna pembersihan. Sedangakan untuk umat Islam, sapi bali biasa digunakan sebagai hewan kurban pada saat hari raya Idul Adha.

Komoditas Super Sapi Unggul

Lalu apa keungglan dari Sapi Bali ini dibandingkan jenis sapi lain yang mudah ditemukan di Indonesia? Sapi Bali adalah komoditas super jika digunakan sebagai sapi pedaging maupun sapi qurban. Sapi Bali disukai karena tulangnya relatif lebih kecil dibandingkan sapi jenis lainnya, karena tulang yang lebih kecil maka otomatis jumlah dagingnya pun lebih tebal. Sapi unggul ini memiliki tingkat karkas yang tinggi dibandingkan dengan sapi lokal yang lain, yaitu sekitar 53,26{7f3ddd1ee9ba487a249e33763ecf54247f532b0223977b638ff68da1db78a907}, Peranakan Ongole 46.9{7f3ddd1ee9ba487a249e33763ecf54247f532b0223977b638ff68da1db78a907}. Perbandingan antara daging dan tulang yaitu sekitar 4,4 :1. Artinya dalam setiap 4,4 kilogram daging hanya ada 1 kg tulang. Reproduksi sapi bali dkenal dengan sangat baik, sapi bali betina sudah dapat dikawinkan, saat sudah mencapai umur 2-2,5 tahun. Pada umur itu, sapi sudah memiliki organ yang sangat sempurna, Jarak sapi bali melahirkan anak berkisar antara 12-14 bulan,.

Kendati mengalami perubahan ukuran dan bobot badan, secara kesuluruhan ciri-ciri sapi bali masih sama dengan banteng sebagai moyangnya. Saat lahir, anak sapi bali berwana sawo matang merah mengkilap dengan garis hitam di punggung yang terlihat jelas. Setelah dewasa, sapi betina tetap berwarna sawo matang kemerahan, sedangkan sapi jantan berwarna hitam. Jika dikebiri, sapi jantan memiliki bulu berwarna sawo matang kemerahan seperti sapi betina.

Baik jantan maupun betina, sapi ini memiliki bulu berwarna putih di bidang belakang paha atau pantat dan kaki bagian bawah berwarna putih. Pada sapi jantan yang sudah tua, akan muncul warna putih pada dahinya dan diantara dasar-dasar tanduknya. Sapi bali memiliki dada yang dalam dan tubuh padat. Tanduk sapi bali jantan tumbuh melebar kearah luar kepala, sedangkan tanduk betinanya cenderung mengarah kedalam.  Kaki sapi bali pendek menyerupai kaki kerbau. Berat sapi bali jantan bisa mencapai 450 Kg, sedangkan berat sapi bali betina atara 300-400 kg.

sapi unggul,sapi unggul, sapi unggul, sapi unggul, sapi unggul, sapi unggul, sapi unggul, sapi unggul,sapi unggul, sapi unggul, sapi unggul

Leave a comment

Your email address will not be published.


*